Indeks
Berita  

Antisipasi Lonjakan Penumpang Libur Nataru,Pelabuhan Manado Siapkan 20 Armada Kapal

Aspirasi.id – Menghadapi arus mudik Natal dan Tahun Baru 2024,Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP)Manado siapkan 20 armada kapal untuk mengantisipasi terjadinya lonjakan penumpang,Senin (18/12/2023).

Kepala KSOP Manado Kolonel (Mar) Benyamin Ginting menuturkan pihaknya melakukan pengawasan akses masuk ke pelabuhan karena itu sangat penting.

“Selain itu kami juga menyediakan 5 Posko yang berada di Dermaga Pelabuhan.Dengan sistem Posko ini kami berharap arus mudik Perayaan Natal dan Tahun Baru 2023 di Manado berjalan lancar,”ujar Ginting.

Guna memperlancar arus mudik Perayaan Natal dan Tahun Baru 2024 ini,pihaknya juga telah mempersiapkan dan memeriksa kelaikan kapal yang berjumlah 20 armada .

“Pada arus mudik tahun ini,pola operasi berubah yakni di fokuskan pada tujuan Kabupaten Kepulauan Talaud dengan jadwal keberangkatan setiap Hari Senin-Rabu-Jumat dilakukan penambahan armada menjadi 2 kapal,”bebernya.

Terkait dengan cuaca,pihaknya tetap menggunakan data primer BMKG yang didukung informasi dari pelayaran.

“Jika memang situasi tidak mendukung untuk dilakukan pelayaran maka ini harus dipahami karena pertimbangannya adalah keselamatan jiwa manusia yang berjumlah ratusan diatas kapal,”ujarnya.

Sementara itu,Julio Penumpang Kapal tujuan Kabupaten Kepulauan Talaud mengaku mempercepat jadwal keberangkatannya untuk menghindari kepadatan penumpang jelang perayaan Natal 2023.

“Biasanya 3 hari menjelang Natal penumpang yang mudik banyak sekali sehingga lebih baik saya mudik lebih awal,”ucap Julio.

Dia juga menambahkan,saat ini harga tiket untuk tujuan Kabupaten Kepulauan Talaud tidak mengalami kenaikan yakni Rp 330 ribu per orang.

“Saya berharap semua yang akan mudik ke kampung halaman dapat tiba dengan selamat karena akan berkumpul bersama keluarga,”pungkas Julio.(ikel)

Exit mobile version