Profil Lima Lulusan IPDN yang Jadi “Jenderal ASN” di Sulawesi Utara

Presiden RI Joko Widodo saat melantik pamong praja muda lulusan IPDN, di Istana Bogor, Jawa Barat. (Foto : Biro Pers Setpres)

ASPIRASI.id – Sekretaris daerah atau Sekda adalah jabatan paling puncak dalam karier Pegawai Negeri Sipil (PNS) di daerah.

Berdasarkan pasal 18, PP Nomor 84 Tahun 2000, tentang Pedoman Organisasi Peranglat Daerah, Sekretaris Daerah Kabupaten/Kota adalah jabatan Eselon II a.

Jika disetarakan dengan jabatan Polri, dalam ketentuan Perpres 54 Tahun 2022, eselon II.a pada Polri merupakan jabatan yang diemban oleh Perwira Tinggi Polri (Pati) pangkat jenderal bintang satu atau Brigadir Jenderal Polisi,

Jabatan eselon II.a di Polri diantaranya Danpas di Mako Brimob, kepala biro dan direktur di tingkat mabes, dan jabatan lain yang setara. Sedangkan di tingkat Polda, eselon II.a yaitu Wakapolda.

Jadi tidak heran kalau Sekretaris Kabupaten/kota, oleh sebagaian orang sering disebut sebagai Jenderal ASN, atau ada juga yang menyebutnya dengan Panglima ASN.

Di Provinsi Sulawesi Utara sendiri, ada beberapa “Jenderal ASN” yang dipegang oleh lulusan Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) atau purna Praja IPDN.